Banner 1

Sinopsis Film Pendek "Riyadhoh-Tirakat" - Porsema 2023

Sinopsis Film Pendek "Riyadhoh-Tirakat" - Porsema 2023

RIYADHOH




Logline:

Riyadhoh atau yang biasa disebut tirakat adalah amaliyah santri NU untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan termasuk mendapatkan ilmu yang barokah. Riyadhoh biasanya berupa amalan puasa, wirid dan tirakat dengan cara tertentu dari seorang kyai atau guru. Riyadhoh bertujuan untuk melatih diri seseorang dan memerangi hawa nafsu supaya tidak melakukan hal yang sia-sia.  


Sinopsis:

Ilham adalah santri almuna senang tirakat, meskipun pada dirinya diberikan kemampuan yang terbatas dalam ilmu. Berbeda dengan rijal, sang anak guru yang jarang terlihat belajar di sekolahan namun pandai dan selalu bisa mendapatkan nilai bagus.  


Suatu pagi, rijal menyapa ilham di depan masjid madrasah yang tengah serius menghafal doa tugas fikih. Tampak ilham iri dengan kemampuan rijal yang pandai lagi anak seorang ustadz. 


Sesampainya di kelas ada kejadian yang membuat guru fikih (thoifur) geram, yakni ilham tertidur pulas di atas bangku saat pelajaran sedang berjalan. Hingga ustad thofur ghodhob (marah) dan meminta ilham ke ruang guru setelah pembelajaran. 


Tiba di ruang guru, ilham menjelaskan bahwa tidurnya di kelas tak lain karena di malam harinya ia menjalankan wirid ijazah dari guru dan siang harinya puasa. Sang ustadz pun paham, dan memberi nasehat pada ilham bahwa sejatinya riyadhoh puasa dan wirid yang dilakukan baik. Tetapi ia memberi pesan jangan sampai hal tersebut mengganggu tugas utamanya menjadi santri, yaitu belajar dengan baik.

PARA PEMAIN

AKTOR

  1. Muhammad Ilham, santri ahli tirakat

  2. Muhammad Rijal Sakif, murid pandai

  3. Muhammad Fardan, Teman

  4. Ahmad Thoifur, Guru.


FIGURAN

  1. Ulya

  2. Anindita

  3. Fatna

  4. Silva

  5. Chasna Amala

  6. Lisya

Produser: Agus Manshurudin, S.Pd.

Editor: Ahmad Thoifur