Download Aplikasi Masook Simpatika dan Cara Fitur Penggunaannya
Cara Download Aplikasi Masook Simpatika
Baru-baru ini Kementerian Agama RI melalui dirjen pendidikan madrasah merilis Aplikasi presensi guru berbasis Android. Nantinya kehadiran guru tidak diabsen oleh TU atau operator simpatika seperti bisanya. Tetapi guru harus mengisi absensi secara mandiri melalui aplikasi android.
Apabila proses aktivasi masook terhadap simpatika sudah dilakukan. Maka apps masook simpatika siap digunakan. Untuk itu sebelum langsung menggunakan layanan masook simpatika ini. Terlebih dahulu wajib untuk unduh apps masook simpatika.
Adapun tata cara dalam Unduh apps masook simpatika tersebut, sebagaimana berikut:
1. Buka Google Play Store di HP Anda
Silakan untuk masuk pada halaman Apps Store (pengguna iOS) dan Play Store (pengguna Android) terlebih dahulu
Tampilan Google Play Store Anda akan tampil sebagaimana di bawah ini kurang lebihnya
Kemudian dalam kolom pencarian, tuliskan kata kunci Masook Simpatika Personal atau klik pada link ini, untuk menuju ke aplikasi masook simpatika. Sehingga akan muncul listing apps masook simpatika tersebut
Pilih apps yang identik dengan warna hijau tersebut, dengan labelnya Masook Personal Simpatika
Kemudian klik Install dan tunggu proses install selesai
Jika sudah selesai proses installnya, silakan klik Buka
2. Cara Kedua
Maka itu tandanya Anda telah berhasil untuk unduh apps masook personal simpatika tersebut. Tampilan yang muncul adalah layar penjelas (splash screen). Bisa dilewati. Dan nantinya akan masuk ke tampilan halaman login. Silakan bisa langsung login dengan akun Simpatika milik Anda
Akan tampil halaman login apps Masook Simpatika seperti di bawah ini
Fitur dan Cara Penggunaan Aplikasi Masook Simpatika versi Gratis
Apps Masook Simpatika langsung dapat digunakan, jika memang sebelumnya telah dilakukan aktivasi instansi madrasahnya tersebut oleh operator SIMPATIKA nya. Sebagaimana pada panduan aktivasi di link ini
Penggunaan Apps Masook Simpatika sendiri. Saat ini dibedakan menjadi dua versi.
Penggunaan versi Gratis
Penggunaan versi Berbayar
Meskipun dalam satu aplikasi yang sama. Pendeteksian akun tersebut, apakah menggunakan lisensi yang berbayar atau gratis. Akan dapat langsung dideteksi oleh sistem masook. Sehingga dengan berbedanya lisensi tersebut, berbeda pula akses yang diperoleh.
Adapun yang diperoleh untuk pengguna yang menggunakan apps masook simpatika, tanpa lisensi (versi gratis) tidak akan mendapatkan fitur presensi dengan biometrik saja.
Tata cara penggunaan apps masook simpatika personal sebagaimana berikut ini:
Setelah melakukan unduh apps masook simpatika, sebagaimana pada panduan di link ini. Silakan selanjutnya untuk login menggunakan akun SIMPATIKA. Kemudian klik tombol Masuk
Setelah berhasil login. Akan muncul beberapa konfirmasi untuk dari sistem meminta ijin atas penggunaan akses kamera atau video, lokasi, dan media penyimpanan foto. Pastikan semuanya pilih diizinkan
Termasuk bagian lokasi juga silakan diijinkan
Dan termasuk juga bagian akses ke halaman penyimpanan di perangkat Anda nantinya
Sebelum masuk ke halaman beranda apps masook simpatika. Akan diinformasikan terlebih dahulu, terkait jenis lisensi terhadap akun pegawai (versi gratis atau versi berbayar). Jika sudah membaca dengan cermat. Bisa diklik tombol silang atau saya mengerti
Masuk pada halaman beranda, atau halaman utama. Akan ditampilkan fitur utama, yaitu untuk bisa melakukan presensi.
Adapun cara melakukan presensinya, dengan klik tombol presensi tersebut
Kemudian akan muncul informasi mengenai data presensi Anda pada hari itu. Apakah sudah presensi sebelumya ataukah belum. Klik tombol lanjutkan untuk lanjut ke proses presensinya
Setelah itu memilih jenis kondisi presensi saat itu apa, silakan pilih salah satu, apakah WFH; WFO; atau sedang Dinas Luar
Jika sudah pilih salah satu jenis kondisi presensi. Selanjutnya klik tombol Simpan
Presensi selesai diproses, dan presensi dianggap telah selesai dan berhasil dengan status Hadir
Adapun untuk mengecek riwayat dari presensi yang telah dilakukan, bisa klik menu riwayat pada bagian menu sebelah kanan
Maka akan menampilkan semua riwayat presensi dari pegawai tersebut. Mulai dari jenis kondisi presensi, waktu presensi, hari, tanggal, bulan, tahun, hingga titik koordinat lokasi tersebut dilakukan
Untuk melakukan refresh tampilan pada apps masook simpatika tersebut. Bisa dengan cara pindah lagi ke menu beranda kemudian klik sinkronisasi data. Untuk menuju menu tersebut, bisa klik bagian profil. Yaitu Kiri Atas diklik
Kemudian klik pojok kanan atas
Kemudian pilih menu sinkronisasi data
Sedangkan, jika ingin mengunjungi situs bantuan masook. Bisa klik tombol halaman bantuan tersebut
Untuk keluar dari apps masook simpatika, bisa klik tombol keluar
Tombol Unggah, yang ada di sebelah tengah fungsinya untuk mengirimkan data presensi.
Jika presensi yang dilakukan itu dengan kondisi sebelumnya tidak ada jaringan. Kondisi presensi dalam keadaan tidak ada jaringan tersebut. Nantinya data presensinya sementara akan tersimpan pada menu Unggah tersebut.
Barulah jika ada jaringan internet, pada perangkat presensi pegawai Anda. Data tersebut silakan diunggah, dengan klik tombol Unggah di sebelah atas tersebut
Sebetulnya sistem masook simpatika, akan otomatis mengunggah data presensi dalam keadaan tidak ada jaringan tersebut. Karena sistem akan mendeteksi, jika memang perangkat presensi terdeteksi ada jaringan internet. Namun, proses unggah sebagaimana di poin 18 tersebut, bisa menjadi solusi, jika ingin segera unggah data presensi dalam keadaan tidak ada jaringan tersebut.
Pastikan data terunggah. Yang artinya datanya akan kembali bersih atau kosong. Tidak ada presensi yang tersimpan
Jika memang tidak pernah melakukan presensi dalam keadaan tidak ada jaringan internet. Maka tidak akan ada data presensi yang tersimpan tentunya. Atau jika kosong, maka data presensi tanpa ada jaringannya telah terunggah secara otomatis semuanya.
Komentar0