KMA Nomor 347 Tahun 2022, Pedoman dan Pengajuan Kurikulum Merdeka

KMA Nomor 347 Tahun 2022 Tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah – Almuna.sch.id

Menteri Agama Republik Indonesia telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah. Keputusan ini ditanda tangani Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas pada tanggal 5 April 2022.

KMA 347 Tahun 2022 digunakan sebagai pedoman persiapan Kurikulum Merdeka yang rencananya akan diterapkan. Download KMA 347 Tahun 2022 PDF berikut ini: 

Apa itu Kurikulum Merdeka?

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 4 mengamanatkan bahwa Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat. 

Pendidikan diselenggarakan dengan prinsip memberi keteladanan, membangun motivasi, dan mengembangkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran.

KMA 347 Tahun 2022

Diberlakukannya Keputusan Menteri Agama Nomor 792 Tahun 2018 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Raudhatul Athfal, Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Pada Madrasah, dan Keputusan Menteri Agama Nomor 184 Tahun 2019 tentang Pedoman

Implementasi Kurikulum pada Madrasah, memberikan ruang pada madrasah untuk melakukan kreasi dan inovasi dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran.

Sejalan dengan hal tersebut Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,Riset dan Teknologi telah meluncurkan Kurikulum Merdeka yang akan diberlakukan mulai tahun pelajaran 2022/2023. 

Konsep dari kurikulum merdeka antara lain adanya penyederhanaan kurikulum, memberi ruang kreasi dan fleksibilitas satuan pendidikan dalam pengelolaan pembelajaran.

Seiring dengan perubahan paradigma pembelajaran abad-21 serta perkembangan dunia yang sangat dinamis dan tidak menentu, maka diperlukan pola baru dalam pengelolaan pendidikan dan pembelajaran pada madrasah. 

Madrasah harus senantiasa melakukan perubahan dan perbaikan berkelanjutan, berani melakukan inovasi atau terobosan baru, serta memanfaatkan teknologi informasi secara maksimal untuk meningkatkan mutu layanan kepada seluruh warga madrasah. 

Madrasah harus memiliki otonomi dalam mengelola pendidikan dan kemandirian dalam berkreasi, berinovasi, menciptakan layanan yang humanis, ramah, serta adaptif dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. 

Oleh karena itu Kementerian Agama RI senantiasa mendorong dan memberi ruang yang seluas-luasnya kepada madrasah dalam mengembangkan kurikulum operasional pada tingkat satuan pendidikan, sesuai potensi dan kekhasan madrasah.

Maksud dan Tujuan

Maksud: Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah dimaksudkan sebagai panduan Madrasah dan pemangku kepentingan lainnya dalam mengembangkan kurikulum tingkat satuan pendidikan di madrasah sesuai karakteristik kebutuhan dan pengelolaan pendidikan di Madrasah.

Tujuan: Pedoman Kurikulum Merdeka pada Madrasah bertujuan untuk memberi kemandirian madrasah dalam mengelola pendidikan dan pembelajaran, untuk meningkatkan kualitas dan daya saing madrasah sesuai dengan tuntutan kompetensi abad-21.

Cara Pengajuan Penyelenggara Kurikulum Merdeka

Dikutip dari PDUM Online terdapat syarat dan langkah pengajuan Kurikulum Merdeka. Madrasah diminta untuk melengkapi data-data sebagai berikut: 

  1. Mengisi nomor HP Kepala Madrasah, dan cheklist telah mengikuti sosialisasi kemudian Simpan.
  2. Mengupload dokumen persyaratan pengajuan pelaksana Kurikulum Merdeka. Contoh format dapat di download di link dibawah.
  3. Dokumen yang sudah di upload bisa dichek kembali dengan menggunakan tombol Lihat dan jika ingin di ganti, silahkan klik Ganti.
  4. Jika semua dokumen ajuan sudah dilengkapi, tombol ajukan akan muncul, Jika semua dokumen dianggap sudah lengkap, silahkan klik ajukan.
  5. Status ajuan anda akan muncul jika data ajuan sudah di kirim.

Untuk jadwal Kesiapan madrasah berisikan rancangan jadwal persiapan pelaksanaan kurikulum merdeka mulai dari pelaksanaan bimtek, penyusunan dokumen pendukung sampai pada pelaksanaan kurikulum merdeka pada awal semester Ganjil tahun ajaran 2022/2023. Untuk format silahkan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

Download Surat Permohonan Kurikulum Merdeka 

Download Surat Pernyataan Kurikulum Merdeka

Download Surat Rekomendasi Kurikulum Merdeka

Download KMA Nomor 347 Tahun 2022

Selengkapnya tentang KMA Nomor 347 Tahun 2022 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Madrasah dapat di download DISINI.

0 Komentar