Banner 1

Karakter dan Perkembangan Belajar Anak Usia Remaja (SMP MTS)

Manusia pada umumnya berkembang sesuai dengan tahapan-tahapan. Perkembangan tersebut dimulai sejak masa konsepsi hingga akhir hayat. 

Sebagai manusia yang tumbuh dewasa, peserta didik usia remaja meningkatkan pengembangan dalam kondisi sosial atau pengetahuan, pengalaman dan pemahaman tentang kehidupan masyarakat dan aturan – aturan perilaku sosial.


piramida pendidikan

Cara belajar anak pada usia remaja ini juga harus disesuaikan karakter-karakter mereka. Jika pada adak usia dasar mereka belajar dengan bermain dan mendengar, maka pada usia SMP MTs ini anak akan dapat menerima pemahaman dengan eksplorasi lingkungan sekitar, menonton video, praktikum pembalajaran. 

piramida pembelajaran

Perkembangan dan Belajar Peserta Didik Siswa SMP  

 1. Perkembangan fisik

  • Masa transisi
  • Masa pubertas perubahan ukuran tubuh proporsi tubuh ( ex : kaki,tangan lebih panjang dibandingkan dengan tubuh). Kematangan seksual
  • Perkembangan hormon (ex: karakteristik seks primer:alat kelamin pada laki laki dan Rahim pada wanita).

 2. Perkembangan intelektual

  • Anak memasuki tahap pemikiran operasional formal (berfikir abstrak)
  • Dapat mempertimbangkan kemungkinan masa depan,mencari jawaban,menangani masalah dengan fleksibel , menguji hipotesis dan menarik kesimpulan atas kejadian yang mereka tidak mengalaminya tidak secara langsung.

 3. Perkembangan emosi

  • Cenderung banyak murung dan tidak dapat diterka
  • sering bertingkah laku kasar. Tingkah laku kasar ini sebenarnya untuk menutupi kekurangan dalam hal rasa percaya diri
  • Ledakan kemarahan. Ledakan kemarahan diakibatkan adanya kombinasi,ketegangan psikologis, biologis dan kelelahan karena pola makan yang tidak baik, tidur tidak cukup.

 4. Perkembangan sosial

  • Perilaku social remaja banyak dipengaruhi oleh kelompok teman sebaya
  • Terjadi pengelompokan social
  • Meningkatnya kemampuan dalam menyesuaikan diri

 5. Perkembangan Bahasa

  • Bahasa remaja lebih diwarnai pola bahasa pergaulan yang berkembang di dalam kelompok sebaya.
  • Perkembangan bahasa dipengaruhi oleh usia anak, kondisi keluarga, tingkat kecerdasan, status sosial ekonomi keluarga, dan kondisi fisik terutama kesehatannya.

 6. Perkembangan Moral

  • Suatu perbuatan dinilai baik oleh anak apabila mematuhi harapan otoritas / kelompok teman sebaya.
  • Orientasi anak yang baik tindakan berorientasi pada orang lain. Suatu perbuatan dinilai baik apabila menyenangkan bagi orang lain.

 7. Masalah Usia SMP/MTS

  • Masalah perkembangan jasmani dan kesehatan
  • Masalah keluarga
  • Masalah masalah psikologis
  • Masalah masalah sosial
  • Masalah kesulitan alam belajar
  • Masalah motivasi dan pendidikan pada umumnya.

 8. Implikasi terhadap proses pembelajaran

  • Menunjukan dalam memberi penjelasan pada siswa terhadap hal hal yang negatif dan tidak pantas dilakukan oleh seorang siswa
  • Memberikan perhatian dan pujian
  • Memberikan contoh sikap yang baik
  • Selalu memberikan motivasi
  • Mempersiapkan pola pengajaran dan memberikan kurikulum yang tersusun dengan baik, dan cara penyampaian yang efektif dan kreatif.