Banner 1

PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM KHIYAR - Materi Daring Fikih Salaf Kelas IX

 PENGERTIAN DAN MACAM-MACAM KHIYAR - Materi Daring Fikih Salaf Kelas IX

BAB KHIYAR (MEMILIH)

فصل) والمتبايعان بالخيار ما لم يتفرقا ولهما أن يستوطئا الخيار إلى ثلاثة أيام وإذا وجد بالمبيع عيب فللمشتري رده ولا يجوز بيع الثمرة مطلقا إلا بعد بدو صلاحها ولا بيع ما فيه الربا بجنسه رطبا إلا اللبن.

Penjual dan Pembeli ada waktu pilihan selama mereka berdua belum berpisah. Mereka berdua diberi hak untuk memberikan syarat untuk waktu pilihan sampai tiga hari. Bila ditemukan dalam benda yang dibeli cacat maka pembeli boleh mengembalikannya.

khiyar, hukum khiyar, pengertian khiyar, jenis khiyar, macam khiyar, manfaat khiyar, tujuan khiyar,


Tidak boleh menjual buah buahan kecuali sesudah jelas matang/tua. Tidak boleh berjualan dalam benda yang sejenis secara tidak sama kecuali susu.

Pengembangan Materi

Pengertian Khiyar

Khiyar adalah adalah memilih, sedangkan khiyar dalam jual beli menurut syara’ ialah hak memilih bagi penjual atau pembeli untuk meneruskan akad jual beli atau membatalkannya. 

Tujuan Khiyar

Tujuan adanya khiyar adalah agar kedua belah pihak (baik penjual ataupun pembeli) tidak akan mengalami kerugian atau penyesalan setelah transaksi yang diakibatkan dari sebab-sebab tertentu dari proses jual beli yang dilakukan.

Hukum Khiyar

Hukum khiyar adalah boleh (mubah), sejauh memenuhi persyarata-persyaratan yang telah ditentukan, tetapi hiyar untuk menipu hukumnya haram dan dilarang.Sebagaimana Rasulullah saw., bersabda :

اَنْتَ بِاالْخِيَار بِكُلِّ سِلْعَةٍ إِبْتَعْتَهَا ثَلاَثَ لَيَالٍ (رواه البيهقى واببن  ماجه)

Artinya : “Engkau berhak khiyar dalam tiap-tiap barang yang engkau beli selama tiga malam”(HR.Al-Baihaqy dan Ibnu Majah)

Jenis-jenis khiyar:

1. Khiyar Majlis

Khiyar majlis adalah jenis pemilihan yang dilakukan dalam satu majelis akad jual beli. Diantara kedua belah pihak memiliki hak untuk memilih. Selain itu juga dapat meneruskan jual beli yang telah disepakati atau di akadkan dalam majelis tersebut. Hal ini sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Rasulullah SAW.

2. Khiyar Syarat

Khiar syarat adalah hak memilih berdasarkan persyaratan. Pada saat akad jual beli, maka pembeli atau penjual dapat memilih atau meneruskan atau membatalkan proses transaksi jual beli denan batasan waktu yang ditentukan. Setelah waktu yang ditentukan tiba, maka proses transaksi jual beli itu wajib dipastikan apakah dilanjut atau tidak.

3. Khiyar Aib

Khiyar aib adalah hak pilih karena adanya cacat pada barang. Hak ini untuk memilih, bisa membatalkan atau menerusan akad jual beli jika ada kecacatan (aib) pada objek atau barang yang diperjual belikan. Hal ini terjadi karena pembeli tidak mengetahui adanya kecacatan pada saat akad berlangsung.

Manfaat Khiyar

Berikut beberapa manfaat khiyar:

  • Melalui khiyar, akad jual beli pun dapat dipertegas dan menjadi lebih aman.
  • Membuat kenyamanan dan akan muncul kepuasan dari masing-masing belah pihak.
  • Dengan adanya khiyar, maka penipuan dalam transaksi akan juga terhindarkan, karena adanya kejelasan dan hak yang sudah jelas.
  • Masing-masing penjual dan pembeli dapat secara jujur dan terbuka melakukan proses transaksi.
  • Menghindarkan adanya perselisihan dalam proses jual beli.

Telaah dan Tugas:

1. Bagaimana hukum nya Nebas Mangga atau Durian yang baru berbunga (ijeh kembang) ?

Jawaban ditulis/ketik dan dikirim via WA Bapak Agus.