Banner 1

Cara Login Absen Online di DHGTK dan Cetak SPTJM

Cara Login Absen Online di DHGTK dan Cetak SPTJM


Cara login Kepala Sekolah di DHGTK dan cetak SPTJM adalah pembahasan artikel yang akan Admin sampaikan pada kesempatan kali ini, karena pentingnya pengisian DHGTK absensi online. Sistem informasi data kehadiran guru dan tenaga kependidikan (DHGTK) merupakan aplikasi pencatatan atau pengisian kehadiran secara online untuk guru dan tenaga kependidikan lainnya di sekolah swasta dan sekolah negeri di Indonesia.

cara DHGTK


Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK


Dalam melakukan proses pengisian DHGTK dilakukan secara online oleh sekolah. Proses pengisisannya untuk pertama dapat dilaksanakan secara harian, mingguan atau bisa juga secara bulanan. Untuk mengisi kehadiran guru kedalam sistem online DHGTK, ada dua user yang akan digunakan yaitu :

  1. Login userid Kepala Sekolah
  2. Login userid operator Dapodik

Perubahan pada  userid dan password tersebut diatas  dilakukan melalui DAPODIK (Data Pokok Pendidikan) sekolah yang bersangkutan. Perubahan userid dan password secara otomatis akan terakomodasi pada sistem DHGTK secara syncron. Data yang digunakan akan terupdate pada sistem DHGTK setelah 2 (dua) hari berhasil melakukan syncron.

Kepala Sekolah merupakan pimpinan di sekolah maka hal yang berhubungan dengan DHGTK (Daftar Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan ) yang dikeluarkan oleh Direktorat Jendral GTK, tugas Kepala Sekolah adalah :

  • Mengalokasikan biaya BOS untuk menerapkan DHGTK karena ini dilakukan secara full online.
  • Memberikan tugas khusus kepada yang di tunjuk untuk melakukan penginputan data absen online yaitu dari Operator sekolah maupun dari GTK dengan diberikan surat penugasan yang dikeluarkan oleh Kepala Sekolah.
  • Melakukan sosialisasi absensi online DHGTK kepada GTK di lingkunagn sekolah.
  • Mencetak SPJTM setiap bulan atau per triwulan untuk mengunci kehadiran GTK.
  • Melaksanakan pengisian DHGTK dengan benar dengan jujur dalam pengisisan DHGTK.
  • Memantau dan mengevaluasi/merevisi petugas pengisian absen online (DHGTK) yang dilakukan setiap hari.

Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK
Login pada laman DHGTK berikut ini linknya, silahkan untuk di copy ke browser. http://hadir.gtk.kemdikbud.go.id/ atau http://223.27.144.195:2017/index.php.
Setelah Mengunjungi laman di atas selanjutnya Kepala Sekolah melakukan login dengan cara pilih “LOGIN SEKOLAH”.
Langkah berikutnya setelah berhasil login adalah mengisi data sebagai berikut :

  1. Isikan NPSN Sekolah.
  2. Masukan userid Kepala sekolah yang sudah terinput di Aplikasi Dapodik.
  3. Masukan Pasworrd yang sudah di input di dapodik
  4. Setalah semua data terisi selanjutnya masukan kode sesuai yang tertulis.
  5. Kemudian pilih “LOGIN”.
  6. Setelah login maka akan tampil fitur meliputi : Beranda, Kehadiran, Keluar Aplikasi, Siklus Pekerjaan sebelum dan sesudah terbit SKTP.
  7. Pada Menu Beranda tedapat beberapa sub menu yaitu : Profil Sekolah, Kunci dan Buat SPTJM, Data Pengguna.

Cetak SPTJM
SPTJM (Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak) merupakan surat pernyataan Kepala Sekolah untuk mengunci DHGTK pada bulan yang dilalui/atau yang dilaksanakan. Hal ini dilakukan agar data yang sudah di input bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan kevalidannya. 

Cetak SPTJM


Untuk lebih jelasnya berikut cara cetak SPTJM: 
  1. Mengunci Kehadiran bisa dilakukan perbulan atau pertriwulan.
  2. Sub menu Cetak SPTJM muncul ketika memilih Menu “Kehadiran”. jika diklik (pilih) maka akan muncul Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) SPTJM Rekapitulasi Absen Perbulan.
  3. Setelah muncul surat pernyataan maka kepala sekolah wajib menentukan pilihan untuk mengunci daftar hadir pada bulan yang telah dilaksanakan/dilalui.
  4. Keterangan : Beri tanda centang (√) pada Kotak dialog saya setuju dan pada kunci daftar hadir. Jika itu dilakukan maka secara otomatis absen pada bulan tersebut sudah terkunci tidak bisa di isi kembali (diperbaiki). Kecuali menghubungi admin DHGTK Pusat.
  5. Jika sudah mengunci Daftar Hadir maka jangan lupa Simpan dan kemudian refresh.
  6. Setelah tersimpan maka silahkan Cetak SPTJM denga cara mengklik CETAK PDF.


Demikian Cara Login Kepala Sekolah di DHGTK dan Cetak SPTJM.