Banner 1

Sejarah dan Naskah Sumpah Pemuda

Hari ini 28 Oktober hari yang bersejarah untuk para rakyat Indonesia. Pasalnya hari ini kita memperingati hari lahirnya Sumpah Pemuda! Bahkan, Google Doodle saja ikut merayakan lho, hihihi...

naskah sumpah pemuda


Sejarah Lahir
Sumpah Pemuda tidak lahir begitu saja. Sesuai namanya, Sumpah Pemuda dirumuskan oleh para pemuda. Mereka sadar untuk kalau membangun Indonesia tidak bisa sendiri-sendiri tapi harus bersatu padu dalam mewujudkansemangat nasionalisme. Para pemuda ini kemudian menjadikan Sumpah Pemuda sebagai dasar buat membangkitkan rasa nasionalisme. Nah dalam merumuskan Sumpah Pemuda ini pula, mereka tidak bekerja sendiri-sendiri. Melainkan bersama-sama.

teks sumpah pemuda

Image: http://assets-a1.kompasiana.com/

Kembali ke tahun 1926, awalnya diadakan Kongres Pemuda ke satu, yang isinya upaya mempersatukan organisasi-organisasi pemuda. Kemudian di tanggal 20 Februari 1927, diadakan pertemuan lagi, tapi pertemuan ini tidak mencapai final. Nah, tanggal 3 Mei 1928 diadakan pertemuan lagi dan dilanjutkan ke tanggal 12 Agustus 1928. Pertemuan ini dihadiri seluruh organisasi pemuda dan diputuskan buat mengadakan kongres kedua di bulan Oktober 1928 dengan susunan panitia dimana tiap jabatan dibagi ke satu organisasi pemuda.

Nah ini, yang dimaksud Sumpah Pemuda adalah keputusan Kongres Pemuda Kedua yang diselenggarakan selama dua hari, 27-28 Oktober 1928 di Batavia, atau yang sekarang kita tau sebagai Jakarta. Keputusan ini menegaskan cita-cita dimana akan ada tanah air Indonesia, bangsa Indonesia, dan bahasa Indonesia. Keputusan ini juga diharapkan jadi asas buat setiap perkumpulan kebangsaan Indonesia dan biar disiarkan dalam semua surat kabar dan dibacakan juga di muka rapat perkumpulan-perkumpulan.


Istilah Sumpah Pemuda
Istilah Sumpah Pemuda tidak muncul di putusan kongres tersebut, melainkan setelahnya. Rumusan Kongres Sumpah Pemuda ini ditulis sama Prof. Mr. Mohammad Yamin, pelopor Sumpah Pemuda. Waktu itu, Mohammad Yamin menulis rumusan tersebut di selembar kertas yang dikasih ke Soegondo. Kemudian ia berbisik: Ik heb een eleganter formulering voor de resolutie” yang artinya: Saya punya suatu formulasi yang lebih elegan buat keputusan kongres ini. Terus Soegondo pun menulis paraf setuju di kertas tersebut dan dioper ke yang lain buat paraf setuju juga. Sumpah tersebut awalnya dibacakan sama Soegondo terus dijelaskan panjang lebar sama Yamin.

Nah ini dia bunyi tiga putusan Kongres Pemuda Kedua sebagaimana tercantum di prasasti dinding Museum Sumpah Pemuda dengan menggunakan ejaan van Ophuysen :

sejarah sumpah pemuda

Pertama : 
Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.
Kedoea :
Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.
Ketiga :
Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bangsa persatoean, bahasa Indonesia.

Makna Sumpah Pemuda
Sumpah Pemuda merupakan satu langkah utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan bangsa kita. Ikrar atau janji atau sumpah ini dianggap sebagai kristalisasi semangat buat menegaskan cita-cita berdirinya negara kita tercinta, Indonesia.

Sumpah Pemuda merupakan bukti otentik bahwa di tanggal 28 Oktober 1928 ini bangsa Indonesia “lahir” dengan semangat perjuangan. Sumpah Pemuda ini juga sebagai buah perjuangan rakyat Indonesia yang sudah tertindas selama ratusan tahun sama kaum kolonial kala itu. Kondisi ketertindasan inilah yang kemudian mendorong para pemuda membulatkan tekad demi mengangkat harkat dan martabat hidup bangsa Indonesia. Tekad yang kuat ini jugalah yang jadi komitmen perjuangan rakyat Indonesia sampai berhasil meraih kemerdekaannya 17 tahun kemudian, yakni di tanggal 17 Agustus 1945.

Selamat Hari Sumpah Pemuda, Semoga Pemuda Indonesia selalu semangat untuk memajukan bangsa Indonesia

More Tags: #teks sumpah pemuda asli, #bunyi sumpah pemuda yang benar, #teks sumpah pemuda ejaan baru, #tanggal sumpah pemuda, #naskah sumpah pemuda, #sejarah singkat sumpah pemuda, #isi sumpah pemuda dan maknanya, #sejarah sumpah pemuda