Banner 1

Praktik Membuat Pupuk Cair Organik (POC) di Bibit Mas Kudus

Almuna.sch.id - Kudus, 6 November 2023 Pagi ini peserta didik MTs NU Al Munawwaroh kelas IX belajar dan praktik membuat pupuk cair (POC) bersama Bapak Salamun Bibit Mas Gondangmasnis Bae Kudus. Kegiatan outingclass ini merupakan pelaksanaan Kurikulum Merdeka yang dijadwalkan akan berlangsung selama 3 hari bergantian mulai kelas IX, VIII dan VII. 

Bibit Mas pak Salamun terletak di timur perempatan balai desa Gondangmanis. Ia menyampaikan rumah bibit dan pupuk ini didirikan sejak tahun 2018 yang kala itu sedang maraknya jambu kristal. Selain pembibitan dan pembuatan pupuk Pak Salamun juga menerima pelatihan untuk pelajar, mahasiswa dan umum.

Praktik Membuat Pupuk Cair (POC)

Sesampainya di lokasi, peserta didik langsung disambut dengan halaman hijau rumah Pak Salamun yang penuh dengan bibit buah dan sayuran. Dengan konsep sederhana rombongan peserta didik Mts langsung menuju ruang observasi dan praktikum untuk diperkenalkan dengan bahan-bahan baku pembuatan pupuk cair organik. 


Pak Salamun menjelaskan pentingnya generasi muda mengetahui cara membuat pupuk cair organik. Selain cara pembuatannya sederhana menggunakan bahan-bahan di sekitar kita, pupuk organik juga aman untuk tanah dan tanaman.  Dan yang terpenting adalah pupuk cair ini terbukti efektif untuk menyuburkan tanaman dan mempercepat buah secara maksimal. 

Bahan-bahan Membuat Pupuk Cair (POC)

Membuat pupuk cair sangat mudah sekali, dengan menggunakan bahan yang mudah dibeli dengan harga terjangkau. Bahan-bahan pembuatan pupuk cair organik diantaranya; telur, tetes tebu, fermipan (pengembang makanan), terasi dapur, yogurt, susu sachet cair, kelapa muda. (bahan yang dapat bakteri). Setelah itu bahan dicampur dengan cara diblander lalu dimasukkan ke dalam botol, kemudian didiamkan melalui proses fermentasi selama 15 hari. Setelah itu pupuk cair baru dapat  digunakan dengan takaran satu tutup botol untuk 1 liter air. 


Video Cara Membuat Pupuk Cair Organik (POC)


Setelah belajar langsung dari ahli pupuk cair ini, peserta akan melaksanakan praktikum membuat pupuk di Madrasah serta praktik penggunaan ke tanaman. Demikian Praktik Membuat Pupuk Cair Organik (POC) di Bibit Mas Kudus. Semoga Bermanfaat.