Banner 1

HUKUM CAIRAN YANG KELUAR DARI 2 JALAN KEMALUAN Terjemah Kitab Matan Taqrib – Materi Daring Kelas VII

HUKUM CAIRAN YANG KELUAR DARI 2 JALAN KEMALUAN

Terjemah Kitab Matan Taqrib – Materi Daring Kelas VII 

cairan sperma, kencing

(فصل) وكل مائع خرج من السبيلين نجس إلا المني

Setiap benda cair yang keluar dari dua jalan (anus dan kemaluan) hukumnya najis kecuali sperma. 

Keterangan: 

Termasuk cairan yang keluar dari 2 jalan (kelamin depan dan belakang) ialah kencing, nanah, darah dan segala sesuatu yang keluar darinya. 

Semisal ada seseorang mengeluarkan kelereng dari anusnya. Maka kelereng tersebut najis (harus disucikan dahulu). Atau semisal cincin yang tertelan lalu keluar saat buang air besar, maka hukumnya juga najis (mutanajis: barang najis). 

وغسل جميع الأبوال والأرواث واجب إلا بول الصبي الذي لم يأكل الطعام فإنه يطهر برش الماء عليه 

Membasuh kencing dan kotoran (tinja) itu wajib kecuali kencing bayi laki-laki kecil yang belum memakan makananan (kecuali air susu ibu /ASI) maka cara menyucikannya cukup dengan menyiramkan air. 

macam najis, pembagian najis


ولا يعفى عن شيء من النجاسات إلا اليسير من الدم وما لا نفس له سائلة إذا وقع في الإناء ومات فيه فإنه لا ينجسه

Perkara yang najis tidak dimaafkan kecuali sedikit seperti darah hewan yang tidak mengalir apabila jauh ke dalam bejana (wadah) dan mati maka tidak menajiskan isi bejana. 

Semisal seseorang sholat pada wajah atau pipinya terdapat darah jerawat, maka harus dibasuh (disucikan) terlebih dahulu. 

Namun semisal ada sebuah teko / gelas air terjatuhi nyamuk / tawon yang sudah mati, maka hukumnya tidak najis. (Karena hewan-hewan tersebut tidak ada darahnya).


Demikian HUKUM CAIRAN YANG KELUAR DARI 2 JALAN KEMALUAN  Terjemah Kitab Matan Taqrib – Materi Daring Kelas VII. Semoga Bermanfaat.